Rapat Koordinasi Daerah Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Kalimantan Tengah - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas

Telah rilis publikasi Kabupaten Gunung Mas Dalam Angka 2024. Untuk mengunduh, klik disini. - Sampaikan Aspirasi Kamu di SKD2024 juga ya. LAPORKAN KE CELLATIK! Jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas meminta imbalan/tip. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik.

Rapat Koordinasi Daerah Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Kalimantan Tengah

Rapat Koordinasi Daerah Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Kalimantan Tengah

8 Mei 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) akan segera dilaksanakan di Kalimantan Tengah bahkan di Seluruh Indonesia. Sebagai langkah awal, BPS Kalimantan Tengah mengadakan Rapat Koordinasi Daerah dengan mengundang Kepala Kabupaten/Kota beserta penanggungjawab teknis dan admistrasi terkait PBDT. PBDT merupakan kegiatan penting di mana output dari kegiatan ini digunakan oleh pemerintah untuk melaksanakan program-program sosial.
Peranan PBDT sangat penting agar program sosial yang disalurkan pemerintah dapat tepat sasaran yang pada akhirnya meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan. PBDT nantinya akan menyaring rumah tangga-rumah tangga yang berhak untuk menerima program sosial.

PBDT akan dilaksanakan dua tahap, tahap pertama diawali dengan kegiatan Forum Kosultasi Publik (FKP) yang akan diadakan di setiap desa dan melibatkan semua ketua SLS/RT/RW dan perangkat desa lain. FKP dilaksanakan sebagai bahan masukan penentuan rumah tangga yang akan dilaksanakan pendataan lengkap di tahap 2. Pada tahap 2, petugas BPS akan melaksanakan pendataan lengkap ke rumah tangga hasil FKP. Hasil pendataan nantinya akan diolah di BPS Kabupaten/Kota kemudian diserahkan kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Data tersebut akan dianalisa oleh TNP2K dan akan dikelompokkan berdasarkan program yang sesuai untuk disalurkan ke rumah tangga sasaran.

Pada kegiatan Rakorda, kabupaten/kota menyiapkan strategi pelaksanaan PBDT di wilayah masing-masing. Perencanaan yang dibuat meliputi anggaran, pelaksanaan sosialisasi, pelaksanaan lapangan, pelaksanaan pengolahan, dan administrasi. 2 Kabupaten terpilih mempresentasikan untuk mendapat masukan baik dari kabupaten lain maupun dari BPS Provinsi.

Tindak lanjut dari kegiatan rakorda, akan segera dilaksanakan Sosialisasi PBDT yang bertajuk Rapat Koordinasi PBDT Kabupaten/Kota yang akan diikuti oleh Kepala Daerah, Tim TKPKD, SKPD terkait, dan Tokoh Masyarakat/Agama. Dengan adanya sosialisasi, diharapkan Kepala Daerah mampu menggerakkan masyarakat untuk turut mendukung dan mensukseskan kegiatan PBDT agar tepat sasaran. 
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas (Statistics of Gunung Mas Regency)Jl. Brigjend. Katamso No. 97 Tampang Tumbang Anjir

Telp/Faks (0537) 3032777

WA (chat) - 0811506211

Mailbox : bps6211@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik