Sosialisasikan Manfaat Data Statistik di Pertemuan SIPD - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas

Telah rilis publikasi Kabupaten Gunung Mas Dalam Angka 2024. Untuk mengunduh, klik disini. - Sampaikan Aspirasi Kamu di SKD2024 juga ya. LAPORKAN KE CELLATIK! Jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas meminta imbalan/tip. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik.

Sosialisasikan Manfaat Data Statistik di Pertemuan SIPD

Sosialisasikan Manfaat Data Statistik di Pertemuan SIPD

25 November 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


Pada hari Rabu, 25 November 2015, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menyelenggarakan Rapat Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas. Acara tersebut mengundang seluruh anggota tim SIPD yang berasal dari semua SKPD. Pada Sosialisasi ini, diisi dengan paparan dari 3 Narasumber yang membahas tentang peran petingnya data dan informasi untuk pembangunan daerah serta diperkenalkan sistem entri online SIPD.

Pada acara tersebut, BPS Kabupaten Gunung Mas dipercaya untuk menjadi salah satu narasumber. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh BPS Kabupaten Gunung Mas untuk mensosialisasikan data-data BPS serta peran penting data BPS bagi pembangunan daerah. Drs. Ceptedy, Kepala BPS Kabupaten Gunung Mas yang dalam ini bertindak sebagai narasumber BPS menyajikan materi yang berjudul "PERAN DATA STATISTIK UNTUK PEMBANGUNAN KABUPATEN GUNUNG MAS".

Dalam paparannya, Drs. Ceptedy menjelaskan alur pemanfaatan data dimana data dapat dimanfaatkan mulai dari perencanaan pembangunan, pengendalian pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembangunan. Beliau juga menjelaskan adanya perbedaan tugas dan wewenang BPS dan Pemerintah Daerah, dimana sesuai dengan Perpres 86 Tahun 2007 tentang BPS, BPS hanya berwenang pada kegiatan statistik dasar dan khusus. Sedangkan Pemerintah Daerah memiliki kewajiban/kewenangan dalam melaksanakan kegiatan statistik sektoral (PP 41 Tahun 2007). Meski berbeda tugas dan wewenang, perlu adanya sinkronisasi agar data dan informasi tidak saling tumpang tindih dan berbeda arah. Itulah pentingnya SIPD dimana pada sistem ini, BPS dan Pemda dapat berjalan seiringian dan lebih terintegrasi.

Drs.Ceptedy sekilas menayangkan indikator-indikator strategis BPS yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah, seperti: Data Indeks Pembangunan Manusia, Kemiskinan, PDRB, Angka Pengangguran, Hasil Sensus Pertanian, dan Pengukuran Tingkat Kebahagiaan. Selain itu, disisipkan pula pengenalan kegiatan Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan bulan Mei 2016 mendatang oleh BPS se-Indonesia.

Sebagai penutup, beliau menyampaikan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang telah memberikan kesempatan bagi BPS untuk memberikan paparan serta terlibat langsung dalam tim SIPD.

follow us:



Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas (Statistics of Gunung Mas Regency)Jl. Brigjend. Katamso No. 97 Tampang Tumbang Anjir

Telp/Faks (0537) 3032777

WA (chat) - 0811506211

Mailbox : bps6211@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik